Sejarah Singkat STA-J


Kampus Kenangan JBC
STA-J (Sekolah Tinggi Alkitab Jember), pada awalnya dikenal dengan nama Jember Bible College (JBC) dan didirikan oleh Pdt. Dr. E.N. Soriton (Alm. 1993). STA-J atau JBC yang resmi berdiri pada tanggal 5 Agustus 1985 memulai dengan Program Studi S-1 Kependetaan, diselenggarakan oleh Yayasan Ekklesia Jember. Pengelolaannya dilindungi dan diawasi oleh Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia (MP GPdI) serta Majelis Daerah Jawa Timur (MD GPdI Jatim) selaku mitra kerjanya.

Program Sarjana Teologi (S.Th.) dari STA Jember telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor: 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013.

Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen (S.Pak) dari STA Jember mendapat izin penyelenggaran dengan SK Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI No. DJ.III/Kep./HK.00.5/77/2014.

Salah satu sisi Kampus STA-J kini
Selanjutnya, STA-J menyadari bahwa gereja dewasa ini sedang berada di tengah dunia yang terus berubah dan di era kompetisi kualitas, sehingga gereja harus memiliki pekerja dan pemimpin gereja yang memadai secara kuantitas dan kualitas (berkarakter Alkitabiah, berwawasan luas, handal, berkompeten, trampil dan berkomitmen melayani) baik dalam lapangan Penggembalaan, Penginjilan, dan Pendidikan. Karena itu STA-J telah memulai menyelenggarakan Program Magister Teologi Jurusan Misi sejak tahun 1998 sampai dengan 2010, dan sekarang berubah menjadi Program Teologi Kependetaan. 

Program Magister Teologi (M.Th.) dari STA Jember mendapat izin penyelenggaran dengan SK Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI No. DJ. III/KEP/HK.00.5/76/2014.

Program Magister Teologi (M.Th.) dari STA Jember ini terbuka bagi calon mahasiswa berlatarbelakang Sarjana Teologi maupun Sarjana Non Teologi, bagi jemaat GPdI maupun Non GPdI.

Sejak awal berdirinya, STA-J terus-menerus membangun kepercayaan dan bekerjasama dengan berbagai lembaga dan denominasi gereja yang mempunyai visi dan misi yang sama. Sampai saat ini STA-J telah meluluskan dan mengutus lebih dari 1.600 hamba Tuhan yang berkecimpung dalam berbagai bidang pelayanan dan tersebar di berbagai daerah di dalam dan bahkan di luar negeri.